Profil Anggota SNSD

1. Taeyeon

Nama Asli: Kim Tae-Yeon
Tanggal Lahir:9 Maret 1989
Testimoni: ane paling demen sm Taeyeon gaan,, imut bgt kecil gitu,, cantik deh,, kecil2 cabe rawit,, Taeyeon ini leadernya SNSD, paling jago nyanyi, paling tua juga, hehe,, Taeyeon pernah nyanyiin lagunya Yui (It’s Happy Line) versi korea, keren gan, pake solo gitar segala

2. Jessica

Nama Asli: Jung Soo-Yeon
Tanggal Lahir: 18 April 1989
Testimoni: ane juga demen sm Jessica, suaranya khas bgt kalo nyanyi, jd agan pasti gampang ngenalin suaranya deh,, Menurut ane Jessica ini yg wajahnya gk terlalu berubah dr awal kemunculan SNSD

 

3. Sunny


Nama Asli: Lee Soon-Kyu
Tanggal Lahir: 15 Mei 1989
Testimoni: keciiil,,, suaranya juga cempreeeeng gan,,, kalo dandannya pas si Sunny ini imuut bgt,, lucu deh,, temen ane banyak yg suka nih sm Sunny

 

4. Tiffany


Nama Asli: Hwang Mi-Young
Tanggal Lahir: 1 Agustus 1989
Testimoni: cantik gan,, dr smua personil SNSD menurut ane Tiffani paling cantik, apalagi kalo dandannya pas,, tp Tiffani ini personil SNSD dgn postur badan yg terlebar,, hehe,,, suaranya agak serak2 berat gitu,, sexy dah pokoknya

 

5. Hyoyeon


Nama Asli: Kim Hyo-Yeon
Tanggal Lahir: 22 September 1989
Testimoni: awalnya ane demen bgt sm Hyeyeon pas ane baru ptama kali liat SNSD di Gee,, disitu cantik gan,, tp kok di penampilan yg lain lama2 jd kyk cowo mukanya ya? hehe,,, jd ane kgk demen lg deh,, Hyeyeon menurut ane paling jago ngedance di SNSD gan..

 

6. Yuri


Nama Asli: Kwon Yu-Ri
Tanggal Lahir: 5 Desember 1989
Testimoni: waww Yuri ini paling sexy di SNSD gan, bodynya bagus kyk gitar spanyol,, tp menurut ane dibanding yg lain Yuri kurang cantik., suarnya juga kurang bagus menurut ane,, tp kyknya Yuri jago kalo lagunya yg ngebeat dah

 

7. Sooyoung


Nama Asli: Choi Soo-Young
Tanggal Lahir: 10 Februari 1990
Testimoni: waaaa ane juga demen bgt sm Sooyoung,, maniiis bgt,, pipinya itu looh,, sooyoung jago ngedance juga,, postur badannya paling kurus dibanding yg lain,, suaranya ane juga suka, biarpun gk sebagus Taeyeon, tp tetep nyaman bgt didenger

 

8. Yoona


Nama Asli: Im Yoon-A
Tanggal Lahir: 30 Mei 1990
Testimoni: Yoona, siapa yg gk kenal Yoona kalo ngomongin SNSD? disebut2 Yoona ini adh mascottnya SNSD loh,, cantik imut pula,, dancenya lumayan bagus,, tp kalo suara masih kalah sm yg lain,, gk apa2, yg penting eksis, hehe

 

9. Seohyun


Nama Asli: Seo Joo-Hyun
Tanggal Lahir: 28 Juni 1991
Testimoni: wawww ane juga demen bgt sm Seohyun,, paling manis se SNSD,,, suaranya baguuuuuus,,, lembuuuut bgt,, kalo dance suka dijadiin peran ‘putri’ ,,, Seohyun yg skrg agk berubah wajahnya kalo menurut ane, soalnya dulu matanya sipit gk kyk sekarang,, tp gpp,,, yg penting ane sukaaa,, hahahahahaaha

Advertisements

DASAR – DASAR DALAM BERNYANYI

Untuk menyajikan suara yang indah dalam bernyanyi, sebelumnya kita harus tahu beberapa tahapan yang harus dilatih, dibina, dan diasah secara teratur serta memerlukan disiplin yang tinggi, yaitu :

A. PERNAPASAN
B. MEMBENTUK SUARA
C. RESONANSI ( Menggemakan suara )
D. VOCAL & KONSONAN
E. INTONASI ( Menyanyikan nada dengan tepat )
F. ARTIKULASI ( Pengucapan yang benar & Jelas )
G. FRASERING ( Menyanyikan kalimat dengan utuh )
H. INTERPRETASI & EKSPRESI ( Memahami & Menjiwai nyanyian )

Tahapan yang diatasakan tersaji dalan satu kegiatan yaitu PENAMPILANatau PEMENTASAN

A. PERNAPASAN

Ini adalah bagian utama dan terpenting dalam sebuah latihan vocal. Kalian tahu kenapa..? Karena nafas adalah penggerak utama dari suara. Kuatnya nafas dapat menimbulkan dan menciptakan getaran sebagai sumber dari pada “ Bunyi “. Dan nafas juga sebagai Vitamin yang paling ampuh untuk menyehatkan suara. Makanya pernafasan harus dilatih dengan baik dan teliti.
Dalam bernyanyi, kita mengenal 3 ( tiga ) jenis pernafasan. Masing – masing mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri.

1. Pernafasan Bahu
Yaitu pada saat mengambil / menarik nafas, dilakukan dengan mengangkat bahu untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini tidak begitu baik, karena nafas yang dihasilkan dangkal dan mengakibatkan kalimat jadi terputus-putus.

2. Pernafasan Dada
Yaitu dengan membusungkan dada pada saat menarik nafas untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini juga tidak begitu baik, karena jadi terkesan cepat lelah dan akibatnya suara jadi tidak stabil dan terputus-putus.

3. Pernapasan Diafragma

Lazim kita sebut dengan pernafasan rongga perut. Yaitu menarik / mengambil nafas untuk mengisi paru-paru dengan mengembangkan rongga perut atau diafragma, serta mengembangkan tulang rusuk. Cara inilah yang terbaik yang dilakukan untuk bernyanyi, karena akan menghasilkan nafas yang panjang, ringan, santai dan produksi suara lebih bermutu.

Dengan pernafasan diafargma penyanyi dapat leluasa dalam berekspresi karena tidak ada tekanan dan desakan dalam pernafasan.

GIMANA CARNYA MELATIH PERNAFASAN DALAM BERNYANYI?

Cape’ neh ngetiknya.. Gini aja, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih pernafasan ini, khususnyamelatih “DIAFRAGMA” penyanyi, antara lain:

a. Dengan berdiri santai, badan lurus, sambil meletakkan ujung jempol jari di ujung tulang rusuk terbawah. Tariklah nafas melalui hidung dengan cara perlahan atau dengan cepat, dan rasakan bahwa jempol kamu tadi terdorong kesebelah luar, sebagai reaksi dari melonggarnya tulang iga.
Jika telah terasa penuh, kemudian nafas tadi dikeluarkan dalam bentuk senandung vocal “a” atau konsonan “s” ataupun dengan hitungan. Yang jelas bukan dengan cara mendorong, tapi mengeluarkan nafas sehemat mungkin.
Lakukan minimal 20x setiap hari atau setiap ada kesempatan buat latihan. Ini akan membuat otot-otot perut kamu menjadi semakin kokoh dan kuat.

b. Dengan posisi tidur terlentang lurus dan kedua tangan diletakkan sejajar dengan tubuh. Letakkan beberapabenda seperti buku diatas perut sebagai beban dan tariklah nafasseperti bagian “a” diatas serta rasakan bahwa beban diatas perut terangkat keatas, juga rasakan tulang rusuk ikut mendorongnya.
Jika telah terasa penuh, keluarkan lagi seperti yang “a” tadi dan lakukan minimal 20x sehari ato tambahan kapan aja kamu punya waktu buat latihan.
Latihan ini bisa membuat otot perut menjadi kokoh serta kita pun jadi santai untuk mengucapkan kalimat. Selain itu juga dapat merubah kebiasaan bernafas yang dilakukan dengan mengangkat bahu atau membusungkan dada.
Ada juga cara buat nguatin otot perut yaitu dengan tertawa terbahak bahak , sampai terasa klo perut tergoncang goncang. Tapi klo latihan ini harus dilakukan dengan sangat hati hati, karena nanti bisa dibilang orang gila (hehehe)

Pengambilan nafas pada saat memulai lagu atau awal kalimat lagu dapat dilakukan dengan menarik nafas melalui hidung dengan santai. Namun jika pada saat bernyanyi atau ditengah lagu sebaiknya dilakukan dengan singkat atau dengan mendengkus, seperti kita nyium aroma yang harum atau aroma makanan ( Hmmm Jadi laper neh.. ).
Pada pernafasan yang demikian, kita hanya mengembangkan pernafasan “alami” yang kita miliki, akan tetapi jika pernafasan alami “naik turunnya sama” sedangkan penyanyian itu “ menariknafas dengan cepat dan mengeluarkannya dengan sehemat mungkin” karena tujuan utama kita adalah menyelesaikan satu kalimat dalam satu tarikan nafas. Dengan demikian kalimat yang kita ucapkan /nyanyikan kedengaran indah dan bermutu, tidak tersendat-sendat.

Aplikasi ‘Memiliki Kemampuan Indera Keenam?’

kali ini saya mencoba untuk mengikuti aplikasi ini. Perlu perjuangan besar untuk mengikutinya karena ada 30 pertanyaan yang harus diisi sesuai dengan kepribadian diri. Yaitu

1. Anda suka anak-anak dan mereka juga mencintaimu.
Setuju   Tidak Setuju

2. Anda biasanya mendukung orang yang membutuhkan.
Setuju   Tidak Setuju

3. Anda memiliki lingkaran kecil teman-teman yang tulus mencintaimu.
Setuju   Tidak Setuju

4. Anda mengerti bahasa anjing dan kucing.
Setuju   Tidak Setuju

5. Anda memiliki seks yang hebat.
Setuju   Tidak Setuju

6. Sesekali, Anda ingin berada di bawah cahaya terang.
Setuju   Tidak Setuju

7. Anda bermimpi.
Setuju   Tidak Setuju

8. Selama dua tahun terakhir, setidaknya satu perubahan besar telah terjadi dalam hidup Anda.
Setuju   Tidak Setuju

9. Anda selalu datang dengan ide-ide baru.
Setuju   Tidak Setuju

10. Kau benci bergosip ketika berkunjung ke kenalan anda.
Setuju   Tidak Setuju

11. Anda menikmati membaca non-fiksi daripada buku-buku fiksi.
Setuju   Tidak Setuju

12. Anda dapat menghabiskan tiga jam dalam perjalanan pelayaran ke pulau tropis dengan sabar.
Setuju   Tidak Setuju

13. Risiko itu mendebarkan.
Setuju   Tidak Setuju

14. Ketika kekasih Anda menderita, Anda dapat meringankan penderitaan mereka.
Setuju   Tidak Setuju

15. Anda dapat mengetahui apakah orang yang bertemu Anda itu baik atau buruk.
Setuju   Tidak Setuju

16. Anda akan memilih untuk mengerjakan sesuatu yang Anda lakukan dengan baik daripada berisiko menghadapi tantangan baru.
Setuju   Tidak Setuju

17. Anda berpikir dengan baik sambil berbaring di tempat tidur atau mengambang di sebuah bak mandi.
Setuju   Tidak Setuju

18. Anda tidak pernah bermimpi di siang hari.
Setuju   Tidak Setuju

19. Anda dapat mengetahui apakah seseorang benar-benar menghormati Anda atau hanya berpura-pura.
Setuju   Tidak Setuju

20. Undangan harus diberikan di awal. Kau benci undangan pada menit-menit terakhir.
Setuju   Tidak Setuju

21. Puisi, mendengarkan musik klasik, atau lukisan memungkinkan Anda untuk memahami kehidupan yang lebih baik.
Setuju   Tidak Setuju

22. Anda selalu merasa seperti seorang pemenang.
Setuju   Tidak Setuju

23. Anda dan teman-teman Anda selalu tertawa bersama.
Setuju   Tidak Setuju

24. Anda tidak peduli apa yang orang pikirkan tentang Anda.
Setuju   Tidak Setuju

25. Anda ingin berpenghasilan cepat. Pekerjaan yang membutuhkan waktu dan usaha yang membosankan.
Setuju   Tidak Setuju

26. Anda seperti burung yang bebas.
Setuju   Tidak Setuju

27. Kau suka kegiatan di luar ruangan yang menantang seperti menyelam, panjat tebing dan ski.
Setuju   Tidak Setuju

28. Anda sering terluka oleh orang yang kau cintai.
Setuju   Tidak Setuju

29. Anda dapat melakukan banyak hal sekaligus.
Setuju   Tidak Setuju

30. Anda merasa bahwa wajah-wajah yang jauh lebih mudah untuk diingat daripada nama.
Setuju   Tidak Setuju

Adapun hasil dari aplikasi tersebut menunjukkan bahwa :

Anda terlalu berhati-hati. Untuk Anda, mendengarkan lebih banyak untuk perasaan hati daripada mengambil kesempatan. Dengan demikian Anda kemudian akan menemukan kenikmatan hidup.
Level Indera Keenam: 59%

Sekedar Bertanya (Lagu Melayu)

Hasrat hati hanya sekedar bertanya
mengapa wajahmu selalu berbeda
Sehingga lenyap keindahan kurasa
Aduhai apakah gerangan sebabnya

Wajahmu dulu berseri seri
Senyummu dulu manis sekali
Wajahmu dulu berseri seri
Senyummu dulu manis sekali

Pandangan matamu bercahaya
tetapi kini jauh berbeda
lenyapkan syak wasangka serta cemburu
ataupun pikiran yang tiada menentu

http://www.youtube.com/watch?v=uO_mwjZaR5E&feature=related

Tips buat tim nasyid Pemula Acapella & Haroki

Mungkin ini tips buat tim nasyid Pemula Acapella dan Haroki Tim pemula yang di maksud disini adalah tim-tim yang mungkin baru terbentuk atau masih memiliki kemampuan vokal dan performance yang rendah. Tentu sering berjumpa dengan berbagai macam tim nasyid baik dari segi umur tim, branding tim, ataupun genre nya. Entah itu untuk keperluan latihan, koodinasi tampil, dan sebagainya. Beberapa di antaranya dikategorikan Tim nasyid pemula. Istilahnya masih level 1 he he. Berdasarkan interaksi tersebut, penulis mendapatkan beberapa tips yang bisa di share buat munsyid atau pelatih yang kebetulan melatih tim pemula.

 

1. Pilih Lagu yang sederhana Seringkali pelatih atau tim terjebak dengan hasrat ingin cepat bagus. Biasanya mereka memilih lagu-lagu yang bagus dari tim nasyid senior, namun memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Sebagus apapun materi personil, tentu butuh proses agar mereka bisa menyanyikan lagu-lagu yang sulit. Jika lagu yang sulit tetap dipaksakan, maka besar peluang lagu tersebut akan kurang maksimal dibawakan tim tersebut. Selain itu, tim akan berkutat dalam waktu yang lama menggarap lagu ini (karena gak jadi-jadi he he). Kalau sudah begitu, pertengkaran-pertengkaran internal tim atau futur (baik pelatih maupun munsyidnya) akan rawan terjadi. Wuih, bahaya kan? Sebagai contoh lagu sederhana, misalnya ABG (JV), Pagi Ramadhan (Snada), Benteng Kebenaran (Izzatul Islam), Gantole (Gradasi), pembaca mungkin punya contoh yang lain? Yang jelas sesuaikan dengan kemampuan tim. Makin rendah kemampuan tim, mereka harus memulai dari lagu yang sesederhana mungkin.

2. Buat Aransemen sesimpel mungkin Sering ditemui beberapa munsyid terlihat tidak begitu antusias jika aransemen lagu yang mereka bawakan terkesan (lebih tepatnya dikesankan) simpel menurut mereka.Pernah menemui sebuah tim yang sebetulnya berbakat tapi masih baru. Suatu ketika mereka mencoba latihan sebuah lagu dengan aransemen acapella yang sedikit jazz/bosas, namun setelah berulang kali dibawakan hasilnya tetap kurang maksimal (karena memang belum saatnya bagi tim tersebut membawakan aransemen yang rumit). waktu itu ANN Daerah mencoba membuat aransemen acapella lagu tersebut lebih ringan buat sang tim. Tak dinyana tim tersebut malah lebih mampu tampil maksimal dengan aransemen ringan. Simpel bukanlah hal yang hina. Menurut penulis, adalah hal yang biasa jika sebuah tim tampil memukau dengan lagu yang memerlukan teknik vokal yang tinggi atau aransemen yang rumit. Tapi, adalah hal yang luar biasa jika tim tampil memukau, namun dengan lagu yang simpel. Yang jelas, mau aransemennya rumit atau simpel, yang terpenting pesan lagu tersebut tersampaikan.

3. Latih performance plus ekspresi, bagus tidaknya sebuah tim nasyid itu terlihat dari 50 % vokal dan 50 % performance. Bahkan, dalam kompetisi Nasional sebesar FNPI (Festival Nasyid Pemuda Indonesia), untuk penyisihan zona, kategori peniaiannya terdiri dari 4: Vokal, Aransemen, Ekspresi, dan Performance (koreo, kostum, kekompakan pas tampil dsb) dengan proporsi yang sama. So, gak ada salahnya jika tim pemula juga melatih hal ini. Melatih performance bisa menjadi obat anti mati gaya dan demam panggung juga lho. Mungkin karena sudah terbiasa tampil dengan ekspresi dan perform saat latihan, maka tim tidak perlu menjadi zombie karena kaku ketika penampilannya. Untuk tim Haroki, latihan ekspresi semangat, sedih, marah, bisa menjadi bekal yang penting. Gak seru kan, kalau tim bermaksud membuat penonton sedih dan trenyuh dalam lagu palestina, tapi yang ada malah penonton senyum-senyum karena pandangan grogi dan kosong tim saat menyanyi.

4. Sabar“Kalau baru keluar dari kepompong, jangan terbang terlalu jauh.” Kata-kata itu keluar saat seorang pelatih ANN melatih tim binaannya yang baru menjadi kupu-kupu muda. Buat tim-tim baru, pilihlah event-event yang sifatnya masih ringan, sehingga ketika gagal, gagalnya tidak begitu fatal. Jangan dulu coba-coba tampil di walimahan atau hotel, jika kemampuan belum mencukupi. Bisa ditebak hasilnya akan memalukan dan menjadi kenangan seumur hidup (ini beneran lho :)) Tunggu dan bekerja keraslah, sehingga mampu menjadi kupu-kupu yang memiliki sayap yang kuat. Dari segi pasar, begitu tim melakukan kegagalan yang fatal, pasar eksklusif akan segera mem-blacklist tim tersebut. Kan kasihan, peluang dakwahnya jadi berkurang.Buat pelatih yang melatih tim baru, sabar bisa jadi begitu dahsyat. Kesalahan-kesalahan, kemalasan-kemalasan, dan kegagalan-kegagalan adalah hal yang biasa dalam tim baru. Jika pelatih bersama timnya bisa melalui fase ini, maka Insya Allah tim akan bisa lebih tegar dan eksis.

5. Siapkan banyak amunisi, ketika seorang munsyid dari tim pemula bertanya “Mas, sirine yang ditiup oleh tim A itu apa ya? Fungsinya buat apa?” Usut punya usut ternyata yang dimaksud munsyid tadi adalah stand flute, yang berfungsi untuk mencari dan mengingatkan nada dasar. Tim pemula sebaiknya memiliki alat-alat pembantu latihan seperti standflute, kastanyet (buat mengatur tempo. Bentuknya dua buah bundaran plastik kecil, terlihat seperti kerang, yang bisa dibenturkan, sehingga menghasilkan bunyi ‘tuk’), dan yang lain. Selain itu, Ada banyak sekali artikel belajar bernasyid, belajar menguasai alat bantu seperti gitar dan keyboard merupakan amunisi yang akan sangat membantu proses berkembang tim. Pengalaman menjadi pemandu sebuah tim, biasanya munsyid yang bisa bermain gitar/alat musik, melatihnya lebih mudah dibanding yang tidak.Buat tim pemula dan selamat mencoba. Tetap semangat dan ditunggu sharenya. jgn sungkan utk mnjalin hubungan dan share dg penyanyi2/musisi2 lainnya walau mrk tdk trjun di dunia nasyid. Kita bs belajar sekaligus syiar kpd mrk, syukur jika mrk jg mau turut serta membesarkan nasyid. Keep spirit..!” jazakallah 🙂

 

Pedoman Umum Nyanyian Dan Musik Islami

Setelah menerangkan berbagai hukum di atas, penulis ingin membuat suatu pedoman umum tentang nyanyian dan musik yang Islami, dalam bentuk yang lebih rinci dan operasional. Pedoman ini disusun atas di prinsip dasar, bahwa nyanyian dan musik Islami wajib bersih dari segala unsur kemaksiatan atau kemungkaran, seperti diuraikan di atas. Setidaknya ada 4 (empat) komponen pokok yang harus diislamisasikan, hingga tersuguh sebuah nyanyian atau alunan musik yang indah (Islami):

1. Musisi/Penyanyi.

2. Instrumen (alat musik).

3. Sya’ir dalam bait lagu.

4. Waktu dan Tempat.

Berikut sekilas uraiannya:

1). Musisi/Penyanyi

a) Bertujuan menghibur dan menggairahkan perbuatan baik (khayr / ma’ruf) dan menghapus kemaksiatan, kemungkaran, dan kezhaliman. Misalnya, mengajak jihad fi sabilillah, mengajak mendirikan masyarakat Islam. Atau menentang judi, menentang pergaulan bebas, menentang pacaran, menentang kezaliman penguasa sekuler.

b) Tidak ada unsur tasyabuh bil-kuffar (meniru orang kafir dalam masalah yang bersangkutpaut dengan sifat khas kekufurannya) baik dalam penampilan maupun dalam berpakaian. Misalnya, mengenakan kalung salib, berpakaian ala pastor atau bhiksu, dan sejenisnya.

c) Tidak menyalahi ketentuan syara’, seperti wanita tampil menampakkan aurat, berpakaian ketat dan transparan, bergoyang pinggul, dan sejenisnya. Atau yang laki-laki memakai pakaian dan/atau asesoris wanita, atau sebaliknya, yang wanita memakai pakaian dan/atau asesoris pria. Ini semua haram.

2). Instrumen/Alat Musik Dengan memperhatikan instrumen atau alat musik yang digunakan para shahabat, maka di antara yang mendekati kesamaan bentuk dan sifat adalah:

a) Memberi kemaslahatan bagi pemain ataupun pendengarnya. Salah satu bentuknya seperti genderang untuk membangkitkan semangat. b) Tidak ada unsur tasyabuh bil-kuffar dengan alat musik atau bunyi instrumen yang biasa dijadikan sarana upacara non muslim. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan sangat relatif tergantung maksud si pemakainya. Dan perlu diingat, hukum asal alat musik adalah mubah, kecuali ada dalil yang mengharamkannya.

3). Sya’ir Berisi:

a) Amar ma’ruf (menuntut keadilan, perdamaian, kebenaran dan sebagainya) dan nahi munkar (menghujat kedzaliman, memberantas kemaksiatan, dan sebagainya)

b) Memuji Allah, Rasul-Nya dan ciptaan-Nya.

c) Berisi ‘ibrah dan menggugah kesadaran manusia.

d) Tidak menggunakan ungkapan yang dicela oleh agama.

e) Hal-hal mubah yang tidak bertentangan dengan aqidah dan syariah Islam.

Tidak berisi:

a) Amar munkar (mengajak pacaran, dan sebagainya) dan nahi ma’ruf (mencela jilbab,dsb).

b) Mencela Allah, Rasul-Nya, al-Qur’an.

c) Berisi “bius” yang menghilangkan kesadaran manusia sebagai hamba Allah. d) Ungkapan yang tercela menurut syara’ (porno, tak tahu malu, dan sebagainya).

e) Segala hal yang bertentangan dengan aqidah dan syariah Islam.

4). Waktu Dan Tempat

a) Waktu mendapatkan kebahagiaan (waqtu sururin) seperti pesta pernikahan, hari raya, kedatangan saudara, mendapatkan rizki, dan sebagainya.

b) Tidak melalaikan atau menyita waktu beribadah (yang wajib).

c) Tidak mengganggu orang lain (baik dari segi waktu maupun tempat). d) Pria dan wanita wajib ditempatkan terpisah (infishal) tidak boleh ikhtilat (campur baur).

source http://www.albannavoice.tk

 

Makanan Yang baik/tidak baik dikonsumsi vokalis

Hallo.. Sobat ini ada tips2 mengenai apa yang baik dan tidak baik buat kita-kita. Well.. sebenernya kesehatan harus dijaga secara bertahap. Mungkin ketika kita konsumsi gak langsung berasa dampaknya. But yang paling penting kita bisa tau cara kita jaga pita suara dan kesehatan kita. 🙂

1. Rokok Tidak baik karena selaput, lapisan, membran di dalam tenggorokan akan kering.. meskipun banyak vokalis yang juga ngerokok tapi sebenernya ini kurang baik untuk kesehatan. Kalau yang memang udah ngerokok, mungkin bisa dikurangi atau jangan ngerokok ketika tenggorokan mulai kerasa gak enak, batuk, kering atau menjelang manggung. 🙂

 

2. Makanan yang sangattt pedasss Jangan makan yang pedesss banget.. Kira2 sampe terasa panas di tenggorokan karena bisa membakar pita suara..

3. Asam jangan ekstrim minum-minuman asam seperti sari jeruk nipis murni. Karena bisa merusak pita suara juga. 4. Minuman yang beku trus diminum (sampe kerasa tenggorokan itu beku, kedinginan karena suhu ekstrim)

5. Alcohol mm.. yang nggak baik itu yang kira2 lumayan keras seperti vodka, rum, whiskey. karena bisa membuat tenggorokan kita kering.

6. Makanan yang digoreng dengan minyak yang kotor… hmm.. mungkin ada salah persepsi mengenai “gak boleh makan gorengan”. sebenernya sih boleh aja makan gorengan, asalkan minyaknya bersih. Seperti gorengan yang dipinggir jalan itu kadang kita gak tau minyaknya dah dipake buat berapa kali masak dan buat apa aja. 7. tambahann… jangan sering2 berteriak. Karena ketika kita teriak itu ada benturan yang dilakukan oleh otot-otot pita suara. Dan ketika sudah 10 – 15 tahun kita nyanyi maka otot-otot itu dah gak stabil lagi. Itu yang akhirnya mengakibatkan suara jadi ngga pitch.

source http://www.albannavoice.tk/